pieces of momey' stories

Children are product of their parents

on March 16, 2012

NOPE! gue bukan mau cerita gimana kisah biologisnya maka bisa itu orangtua jadi PRODUSEN nya anak-anak. Tinta lah ya neik… hihihi…

Cuma ketemu kalimat itu aja di satu forum Tiger Mommy Method di FemaleDaily, yang diajukan salah satu membernya.

Apa yang diajarin si orangtua di rumahnya, itulah yang jadi cerminan si anak nantinya.

Dari baca thread itu, gue banyak belajar. Dan merasa penting untuk membuat poin-poin tertentu yang yg harus gue catat, sebagai pengingat dan kalo bisa lebih, ya berbagi.

Note: kebanyakan poin-poin yang gue tulis adalah copas langsung dari thread itu. Gue suka susunan kata-kata dari mereka. (atau bisa jadi gue yg sebenernya gak pinter nulis. hihihi)

Ini ya beberapa poinnya:

  • anak mau seberapa sih bisa diharap mengerti keadaan kita? Kita capek, kita sakit, kita banting tulang, dll dst manalah dia punya kemampuan buat beneran mengerti?
  • anak2 butuh rasa aman. Kita, orang tuanya, adalah dunia mereka. Kita sumber kasih sayang, sumber rasa bahagia, sumber rasa aman, sumber rasa nyaman yg paling signifikan buat mereka. Dan jeleknya, kita jg bisa jadi sumber rasa ga nyaman, rasa takut, rasa marah yg paling signifikan juga buat mereka.
  • Banding-bandingin anak is a no no. “tuh si A bisa gini, kamu kok ga bisa?” Baiknya ganti aja deh itu kalimat dengan: “eh, si A bisa ini loh, koko bisa ga ya? Kita coba yuukkk..” Anak gak mau? Pancing aja terus. Gak hari ini, besok kan masih ada.🙂
  • anak tetap anak2 bukan ‘manusia mini’ yang bisa kita paksa untuk menjadi dewasa sebelum waktunya.. mereka tetap anak2 yang butuh rasa aman, rasa percaya, kasih sayang dari orang terdekatnya
  • “kebahagiaan orang tua itu belum tentu kebahagiaan anak, tapi kebahagiaan anak itu adalah segalanya buat orang tua”
  • instead of fokus ke nanya: gmn PR? Gmn nilai ulangan? Gimana bahasa inggris? tanya JUGA how’s your day? How’s school? How’s your friend? How do you feel today? What happened to you today? Dan jgn lupa bilang kata2 keramat ajimat yg wajib dia sering dengar: I LOVE YOU and I’m SO PROUD OF YOU. (regardless her today’s achievement mau dpt A, B C, tetep bikin dia tau betapa lu bangga sama dia!)
  • ciptakan “jaring-pengaman” buat anak yang artinya dia tau kemana harus bertopang saat mengalami masalah yaitu ke orangtuanya. ke ayah ibunya. ke keluarganya.

Terus ini aku copas juga satu cerita yang menguatkan dari salah satu member.

Seorg anak bertanya kpd Ibunya:

“Ibu temanku membiarkan nyamuk menggigit tangannya sampai kenyang supaya nyamuk itu tdk menggigit anaknya. Apakah Ibu juga lakukan hal yang sama?”.

Sang Ibu tertawa “Tidak. Tapi Ibu akan mengejar setiap nyamuk sepanjang malam, supaya nyamuk tidak sempat menggigit siapapun“.

“Oh iya, aku baca tentang seorang Ibu yang rela tidak makan supaya anak2nya bisa makan kenyang. Akankah Ibu lakukan hal yang sama?”, si anak kembali bertanya.

Dgn tegas Ibunya menjawab “Ibu akan bekerja keras agar kita semua bisa makan kenyang dan kamu tidak harus sulit menelan karena melihat ibumu menahan lapar“.

Sang anak tersenyum…

Aku bisa selalu bersandar padamu Ibu..”

Sambil memeluknya si Ibu berkata “Tidak Nak!. Tapi aku akan mengajarmu berdiri kokoh diatas kakimu sendiri, agar kau tidak harus jatuh tersungkur ketika aku harus pergi meninggalkanmu“.

Pesan Moral:
“Seorang Ibu yg bijak bukan hanya menjadikan dirinya tempat bersandar, tetapi ia jg harus bisa membuat org2 yg bersandar padanya dapat berdiri kokoh..manakala sandaran tsb sdh tidak dapat mampu lg utk menopang.”

Thanks to all mommies at this thread. Sharing is caring. How beautiful it is. Thank you.🙂

sumber gambar dari sini.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: